Diskominfo Selenggarakan FGD Geopark Kebumen

Kamis malam (11/4) bertempat di ruang rapat Diskominfo Kabupaten Kebumen berlangsung Focus Group Discussion (FGD)  pengembangan Geopark Kebumen menuju kelas dunia. Hadir pada FGD, Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kebumen Ir. Junaedi Faturachman, Msi, Peneliti LIPI Chusni Ansori, Kepala Disporawisata Kabupaten Kebumen Azam Fatoni, SH, M.Si, Hadir pada kesempatan itu juga Putut, Untung, Wahyu, Puguh dan Catur, para peneliti dan pegiat konservasi geologi, biologi dan sosial budaya di kawasan Geopark Kebumen. Bertindak sebagai moderator adalah Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kebumen Ir. Junedi.

FGD dibuka dengan membahas sub topik kebutuhan pengembangan Geopark Kebumen saat ini dalam kurun waktu jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan tetap mengacu pada pola pengembangan Geopark melalui pendekatan edukasi, konservasi dan pemberdayaan ekonomi.

Sesuai tugas pokoknya Dinas Kominfo akan menyiapkan sejumlah iklan layanan masyarakat. "bahkan dalam waktu dua bulan ini ada yang sudah siap sebagai media edukasi" jelas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen.

Beberapa iklan layanan masyarakat itu antara lain:

a. Pembuatan film profil  Geopark Kebumen  “Mengangkat lantai samudera purba, menuju Geopark Kelas Dunia”

b. Talkshow Selamat Malam Kebumen (SMK) dengan narasumber Camat “Menggali potensi kecamatan di wilayah Geopark “di Ratih TV dan In-FM

c. Reality show “Geopark Kebumen Wanderlust” di wilayah Geopark di Ratih TV dan In-FM

d. Exclusive album cetak “Menguak keindahan Geopark Kebumen"

e. Pembuatan template dan database website Resmi Geopark Kebumen 

f. Pagelaran seni pertunjukan rakyat “Geopark performance”

g. Lomba menulis essay “Profil dan potensi Geopark”

h. Lomba membuat film pendek“Profil dan potensi Geopark”

i. Lomba fotografi “Geopark Instagramable”

Menanggapi rencana pembuatan paket iklan layanan masyarakat ini, Putut yang mempunyai pengalaman pembuatan  ILM dengan Kementerian Kesehatan menyambut baik dan siap mendukung. "Iklan layanan masyarakat harus bisa meningkatkan pengetahuan, membangun kesadaran hingga menumbuhkan sikap dan perilaku positif"

Sementara itu, Kadispora wisata Kabupaten Kebumen, pihaknya akan menyiapkan anggaran dan kegiatan peningkatan kapasitas manajemen pengelolaan  Geopark Kebumen. "Untuk itu saya mohon masukan tentang  kegiatan apa saja yang riil dibutuhkan". Papar Azam Fatoni.

Tentu saja pernyataan Kadispora wisata itu ditanggapi Ir. Junedi, Chusni, Putut, Untung, Wahyu, Puguh,  dan Catur sebagai peneliti dan pegiat konservasi geologi, biologi dan sosial budaya Geopark Kebumen yang tergabung dalam komite dan Badan Pengelola.

FGD yang berlangsung hingga tengah malam itu, diakhiri dengan penandatanganan lembar komitmen. Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kebumen Ir Junaedi pada sesi penutup berharap dapat menjadi pemicu semangat dan komitmen mengembangkan Geopark Kebumen.