Geopark Karangsambung-Karangbolong Akan Mendunia

Sumber berita : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/147689/geopark-karangsambung-karangbolong-akan-mendunia

Geopark Karangsambung-Karangbolong, Kebumen diproyeksikan menjadi Geopark Global UNESCO. Saat ini masih proses usulan geopark nasional dan butuh waktu minimal satu tahun setelah penetapan tersebut untuk menjadi geopark internasional.

Sementara, pengumuman penetapan geopark Karangsambung- Karangbolong dari pusat direncanakan pada akhir bulan ini. ”Awalnya hanya geopark lokal.

Dan kami optimistis bisa mendunia,” kata Sekretaris Deputi Bidang SDM Iptek dan Budaya Maritim Kemenkomaritim Elvi Wijayanti, saat sosialisasi Aspiring Geopark Karangsambung-Karangbolong, di Ruang Jatijajar kompleks pendapa rumah dinas bupati, Rabu (21/11).

Sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Badan, Perencanaan, Penelitian, Pengembangan, Daerah (Bap3da) Kebumen Djoenedi Fatchurrahman itu juga menghadirkan sejumlah pakar geologi lainnya.

Masing-masing Kabid Jejaring Inovasi Produk SDA Maritim Kemenkomaritim Anton Setyo Nugroho, Kepala Pusat Survey Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral diwakili Hanang Samudra, Ketua Tim Geoheritage UPN Veteran Yogyakarta Coralus Prasetyadi, dan Ketua Jaringan Geopark Indonesia Boedi Martono.

Hanang pun menangkap semangat untuk menjadikan geopark Karangsabung-Karangbolong itu mendunia. ”Pilihan kata Aspiring dalam sosialisasi ini menjadi salah satu buktinya dan ini tentu semangat yang bagus,” terang Hanang.

Menurutnya, UNESCO telah mendefinisikan Aspiring sebagai kandidat dari negara-negara di masing-maisng negara untuk menjadikan geopark global atau internasional. Nantinya, setelah menjadi Geopark Global UNESCO, maka kawasan tersebut menjadi milik internasional.

Untuk penilaiannya mempertimbangkan empat hal, yakni warisan geologi bersifat internasional, terdapat pengelola, visibilitas, serta jejaring. ”Warisan geologi internasional itu ditunjukkan dengan adanya penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional. Ini sudah atau belum,” kata Hanang .