Ikuti Asia Pacific Geoparks Networks Symposium, Bupati Berharap GKK Dapat Lebih Dikenal

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz menghadiri Asia Pacific Geoparks Networks Symposium ke-6 yang digelar 3-6 September 2019 di Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Kepala Bap3da Kabupaten Kebumen Pudji Rahaju, Kepala Disporawisata Kebumen Azam Fathoni, Kabag Humas Setda Kebumen Budhi Suwanto, Ketua Badan Pengelola Geopark Karangsambung Karangbolong Djoenedi Fatchurrahman dan Peneliti Senior LIPI Karangsambung Chusni Anshari.

Acara tersebut diikuti oleh para peserta dari Geopark Global UNESCO Asia-Pasifik serta Geopark Nasional dari Indonesia dan negara-negara Asia-Pasifik dengan kesempatan untuk secara aktif berbagi ide sambil memperdalam pemahaman di antara Asia-Pasifik serta Geopark Nasional.

Symposium dengan mengambil tema Geopark Global UNESCO Berkontribusi pada Mempertahankan Komunitas Lokal dan Mengurangi Risiko Geohazard itu dihadiri oleh sedikitnya 800 orang, yang terdiri dari manajemen geopark, para ilmuwan, dan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia.

Sebanyak lima topik jadi bahan diskusi di antaranya, tentang pembangunan berkelanjutan sosial-ekonomi, pemberdayaan lokal, melibatkan masyarakat, risiko dan pemulihan geohazard, mempopulerkan pengetahuan ilmiah untuk pendidikan publik, mempromosikan calon geopark global dan jejaring geopark lanskap vulkanik global.


"Peserta dari negara-negara Asia-Pasifik ini akan berbagi pengetahuan tentang warisan alam dan mitigasi geohazard bersama melalui keterlibatan kreatif dan aktif," ujar Kabag Humas Setda Kebumen Budhi Suwanto.

Budhi menuturkan, sebagai rangkaian acara symposium pada kesempatan itu juga akan diselenggarakan pameran dari seluruh partisipan tentang geopark yang ada di daerah masing-masing. Untuk Kabupaten Kebumen sendiri, pada kesempatan itu menampilkan ragam potensi Geopark Karangsambung-Karangbolong, termasuk kekayaan budayanya, yakni berupa tari cepetan.

Sementara Iitu, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz berharap melalui pameran tersebut, Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong akan semakin dikenal baik dikancah nasional maupun global. (SK)