Kenalkan Geopark, LIPI Karangsambung Sambangi Sekolah

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/177940/kenalkan-geopark-lipi-karangsambung-sambangi-sekolah

Balai Informasi dan Konservasi Kebumian - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BIKK – LIPI) Karangsambung menyambangi sekolah. Sekolah pertama yang dipilih dalam kegiatan bertajuk "LIPI Karsam Aring Sekolahan" ialah SD Negeri 1 Pucangan, Kecamatan Sadang, Kebumen, baru-baru ini.

Dalam kegiatan yang diikuti 250 siswa dari kelas 1-6 sekolah itu, tim dari BIKK LIPI memberikan informasi dan materi tentang potensi dan bencana yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Selain itu digelar simulasi bencana gempa, serta beberapa mini games di halaman sekolah dan di sekitar pelataran Sungai Luk Ulo.

Kepala Seksi Pengembangan dan Konservasi BIKK LIPI Kristiawan Widyanto menjelaskan, kegiatan "LIPI Karsam Aring Sekolahan" itu merupakan salah satu kegiatan diseminasi yang dilakukan oleh BIKK LIPI dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu menyebarkan informasi kebumian terutama kepada pelajar di sekitar kawasan Geopark Nasional Karangsambung - Karangbolong.

"Inti dari kegiatan ini adalah konservasi batuan dan penyebaran informasi mengenai bencana geologi kepada masyarakat di dalam kawasan Geopark Nasional Karangsambung - Karangbolong khususnya kepada siswa sekolah yang ada di kawasan tersebut," ujar Kristiawan Widyanto kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.


Tingkatkan Pemahaman

Selanjutnya, dengan adanya kegiatan itu  pihaknya mengharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman mengenai kondisi alami di sekitar tempat tinggal mereka. Selain itu dapat meningkatkan pengetahuan mengenai ilmu geologi, terutama mengenai kebencanaan dan sumber daya alam.

"Diharapkan kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, tidak hanya di satu sekolah saja melainkan di seluruh sekolah di dalam kawasan geopark," tandasnya.

Adapun dipilihnya SDN 1 Pucangan, karena sekolah tersebut berdekatan dengan geosite yang menarik untuk dikunjungi agar masyarakat semua dapat merasa memiliki dan ikut menjaga kelestarian alam di dalam Kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong.