LIPI Karangsambung Kebumen Gelar Seminar Nasional Ilmu Kebumian Geodiversity

KEBUMEN - Balai Informasi dan Konservasi Karangsambung (BIKK) Kebumen menggelar Seminar Nasional Ilmu Kebumian Geodiversity 2019 di Ballroom Nabatiyasa Hotel Mexolie Kebumen, Rabu (2/10). Seminar diikuti 150-an peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, peneliti, perwakilan OPD Kebumen serta institusi terkait lainnya dengan narasumber Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Dr. Eko Yulianto dan Guru besar Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana M.Sc, Ph.D.


Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana M.Sc, Ph.D dalam paparannya menjelaskan ada sejumlah unsur penting dalam pengembangan geopark nasional apabila ingin menjadi geopark dunia. Harus dibangun dengan melibatkan semua stake holder. "Hal ini butuh komitmen dan konsistensi yang kuat dengan tetap mengedepankan perlindungan warisan geologis. Strategi pengembangannya harus dilakukan secara komprehensif," ujar Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana M.Sc, Ph.D.


Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana M.Sc, Ph.D juga menjelaskan, dalam mengembangan geopark nasional menuju geopark dunia harus disinergikan dengan kebijakan maupun program pemerintah pusat yang telah menetapkan 16 kawasan strategis pembangunan nasional (KSPN). "Tujuan dan sasaran dari pengembangan geopark adalah melundungi geodiversity dan konservasi lingkungan, serta sebagai wahana edukasi tentang ilmu kebumian.


"Terus melakukan pengembangan riset kawasan, ciptakan kepastian hukum dan bersinergi dengan pemerintah merupakan bagian dari kunci keberhasilan dalam mengembangkan geopark nasional menjadi geopark dunia," ungkap Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana M.Sc, Ph.D.