Promosikan Geopark, Disarpus Gelar Pameran Buku dan Community Fair

Kebumen,(kebumen.sorot.co)--Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen menggelar pameran Buku dan Community Fair 2019 di area Kantor Disarpus, 1-7 Agustus 2019. Pameran bertajuk Literasi Geopark Wujudkan Kebumen Lebih Maju dan Sejahtera yang dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugianto ini melibatkan 32 komunitas, penerbit maupun penulis.

Dalam sambutannya Arif menyampaikan, pameran tersebut diharapkan dapat memberi dampak signifikan dalam meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat Kebumen. Ia berharap kegiatan ini terus dipertahankan dan melibatkan seluruh unsur masyarakat baik pelajar maupun komunitas lainnya.


Kemas pameran secara lebih kreatif lagi agar memiliki daya tarik masyarakat untuk berkunjung dan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan di perpustakaan,” ujar Arif.

Menurutnya, pameran ini nantinya juga dapat mengangkat citra Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong Kebumen menjadi lebih dikenal masyarakat luas dan memberi kontribusi signifikan dalam mengentaskan kemiskinan di Kebumen. Geopark ini sebagai referensi dalam mempelajari geologi, sehingga diharapkan terus dikembangkan sebagai kawasan eduwisata dan konservasi.

Sementara itu, Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati menuturkan, melalui pameran ini ia mengajak seluruh lapisan masyarakat agar cinta perpustakaan dan buku sebagai sumber pembelajaran tentang Kebumen.

"Untuk itu melalui kegiatan ini kami sosialisasikan dan perkenalkan kepada generasi muda Kebumen agar lebih tahu dan mencintai daerahnya," katanya.

Anna menambahkan, pameran buku dan community fair itu digelar sebagai bentuk dukungan Disarpus kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam mempromosikan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Masyarakat hendaknya secara bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan alam demi mewujudkan masyarakat Kebumen yang lebih maju dan sejahtera.

"Dalam kegiatan ini pula kami sampaikan kepada seluruh komunitas agar bersinergi dengan Disarpus dalam mengembangkan perpustakaan sebagai wadah ilmu. Kami memberi kesempatan seluas luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di Disarpus guna berbagai kegiatan positif lainnya," tandasnya.

Pameran buku dan Community Fair diisi dengan beragam kegiatan seperti pergelaran musik pelajar, donor darah, seminar motivasi, bedah buku, lomba duta baca, sharing anak-anak down syndrome, Dongeng, edukasi kalugrafi dan lainnya. Kegiatan di halaman Disarpus Kebumen berlangsung mulai pukul 09.00-21.00 WIB.