Rini Soemarno Kunjungi Museum Melangse UPT BIKK LIPI Karangsambung

Setelah mengunjungi Lembah Menguneng, Pantai Menganti dan Gua Jatijajar di Kec. Ayah,  Meneg BUMN bertolak menuju Karangsambung, tepatnya Kawasan UPT BIKK LIPI Karangsambung.

Sesampai di Karangsambung orang nomor satu di Kementerian BUMN ini disambut pertunjukan seratusan muda-mudi seniman Beladiri Konto memainkan ragam gerak jurus yang apik dan kompak.

Tampak Menteri Rini sangat menikmati seni bela diri khas Kebumenan ini. Aplus meriah Sang Menteri mengiringi berakhirnya pertunjukan. Di dampingi Wabup Arif Sugiyanto, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala UPT BIKK, Dr Edi Hidayat, Kadinas Disporawisata Azam Fatoni, OPD, dan rombongan kementerian.

Seusai foto bersama para seniman  Menteri Rini dan rombongan mengunjungi Museum Melangse, yang letaknya masih  berada di kompleks UPT BIKK LIPI Karangsambung. Dipandu Sang Kepala, Edi Hidayat dan Peneliti Senior BIKK, Menteri Rini menyimak serius semua  penjelasan yang disampaikan. Hampir semua etalase  bebatuan yang terpajang di museum dikunjungi dan dicermati Sang Menteri.

Awam pun bila seksama melihat, memperhatikan dan mencermati bebatuan yang tersaji akan tergambar proses dan sejarah terbentuknya lapisan bumi yang kita tinggali ini. Terlebih lagi di Karangsambung, gambaran nyata lapisan bumi yang ada di kedalaman 4000 an meter tersingkap ke permukaan. Sehingga kita perlu repot-repot menggali sedalam 4000 meter untuk melihat apa yang ada di dalam sana. Cukup datang ke Karangsambung.

Pun para ahli geologi kerap mengatakan bahwa Karangsambung merupakan salah satu laboratorium alam terlengkap di dunia untuk belajar ilmu kebumian.  Sudah ratusan master, dan doktor Ilmu Kebumian tercipta dari sini. Ribuan Sarjana Geologi besutan Karangsambung pun makin hari makin tak terhitung.

Dan sudah seharusnya kita sebagai pemilik dan pewaris sah wilayah Kabumian makin mengenal warisan bumi yang tiada duanya ini.

Semoga dengan kunjungan ini, menambah keyakinan dan kepercayaan diri kita bahwa Pemerintah dan Masyarakat Kebumen akan mampu membuka mata dunia bahwa Geopark Karangsambung -Karangbolong (GKK) memang istimewa. GKK memang warisan kita untuk dunia, untuk kemaslahatan bersama.