Selamat, Asisten Peneliti UGM Juara 1 Lomba Penulisan Artikel Geopark

KEBUMEN (KebumenUpdate) – Asisten peneliti UGM Ibnu Nugroho menjadi juara 1 pada Lomba Penulisan Artikel Literasi Geopark untuk Meningkatkan Produk UMKM Kebumen yang digelar oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kebumen. Atas prestasinya, Ibnu Nugroho berhak mendapatkan piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta.


Penyerahan hadiah diberikan oleh Bupati KH Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati Arif Sugiyanto saat Upacara Hari Perhubungan di Lapangan Setda Kebumen, Selasa (17/9/2019). Adapun juara 2 diraih oleh dosen Institusi Teknologi Telkom Purwokerto Achmad Zaki Yamani, dan juara 3 seorang anggota komunitas kopi, Rashif Arka Muhammad.


Juara 2 mendapat hadiah Rp 3,5 juara, dan juara 3 mendapatkan uang pembinaan Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk kategori pelajar, Maharani Wijayanti dari SMA N 1 Purworejo meraih juara 1, juara 2 di raih Kamla Pangestuti dari SMA N 1 Kebumen, dan juara 3 diraih Danal Surya Sakti dari SMA N 1 Kebumen. Juara 1-3 kategori pelajar mendapatkan hadiah Rp 2,5 juta, Rp 1,5 juta dan Rp 1 juta.


Para pemenang berhasil menyisihkan total 80 peserta setelah melalui proses penilaian yang dilakukan tim juri. Tim juri terdiri atas Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Karangsambung Karangbolong, oleh Ir Junaedi Fathurohman MSi, Kepala UPT Balai Informasi Kebumian Karangsambung (BIKK) LIPI Edi Hidayat ST MT, budayawan dan pegiat literasi Teguh Hindarto SSos MTh dan Sigit Asmodiwongso dari Rumah Martha Tilaar Gombong dan Eko Budiyono MSi dari Disnakerkop UMKM Kebumen.


Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati MSi menjelaskan, kegiatan lomba ini sebagai salah satu upaya Disarpus dalam memperkenalkan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong kepada masyarakat luas. Selain itu juga sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia dan hari jadi ke- 390 Kebumen.


“Melalui lomba penulisan artikel ini diharapkan dapat memperkaya literasi di Disarpus sebagai pusat pembelajaran melalui perpustakaan. Ke depannya diharapkan masyarakat Kebumen semakin cerdas dengan memanfaatkan beragam buku bacaan sebagai penambah ilmu pengetahuan mereka,” tutup Anna Ratnawati.  (ndo)