1.500 Peserta Semarakkan Karangsambung Geo Fun Bike

KEBUMEN – Sedikitnya 1.500 peserta meramaikan event sepeda santai bertajuk “Karangsambung Geo Fun Bike”, Minggu, 17 Nopember 2019. Kegiatan ini dihelat oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) dan KORPRI Kebumen.

Para peserta berasal dari berbagai komunitas sepeda berbagai kota. Seperti Yogyakarta, Purworejo, Cilacap, dan Purwokerto. Mereka dilepas oleh Kepala Disporawisata Kebumen Azam Fatoni dari Alun-alun Kebumen dan finish di Balai Informasi Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI Karangsambung.

Adapun jarak yang ditempuh sekitar 18 kilometer. Melalui rute dari Alun-alun Kebumen, Jalan Pahlawan,  perempatan Mertokondo ke utara, melalui Bumi Perkemahan Widoro dan finish di BIKK LIPI Karangsambung.

Kenalkan Geopark Karangsambung Karangbolong

Kepala Disporawisata Kebumen Azam Fatoni menuturkan melalui kegiatan ini peserta bisa berolahraga sembari berwisata. Selain itu, sekaligus mengenalkan keberadaan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong semakin dikenal luas.

“Mari bersama-sama kita mengenal dan mempromosikan wisata yang ada di Kebumen. Terutama sekali mengenal, mengetahui, mempelajari dan mencintai Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong,” ujar Azam Fatoni.

Menurutnya, masyarakat perlu mengenal Geopark Karangsambung-Karangbolong. Dengan mengenal maka akan mencintai. Dengan mencintai maka akan merawat, menjaga, melestarikan dan mengembangkan, serta mewariskan kepada generasi selanjutnya.

“Kami bertekad mempertahankan status geopak nasional bahkan optimistis akan meningkatkannya menjadi UNESCO Global Geopark,” imbuh Azam Fatoni.

Dia menambahkan bahwa geopark itu bukan hanya tentang situs geologi, akan tetapi apa saja yang ada di dalamnya dan juga di atasnya. Edukasi terhadap masyarakat atas keberadaan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong terus dilakukan.

“Harapannya dapat memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat sekaligus menumbuhkembangkan partisipasi untuk menjaga atau mengkonservasi alamnya,” pungkasnya.

Seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Meski demikian, panitia kegiatan dalam rangka HUT KORPRI ke-48 dan promosi wisata dan geopark itu menyiapkan berbagai doorprize menarik seperti sepeda, kulkas dan grandprize satu unit sepeda motor.

Yang menarik dalam acara ini, selain itu juga sosialisasi geopark diberikan oleh Kepala BIKK LIPI Karangsambung Edi Hidayat ST MT. Para peserta gowes pun menjadi mengenal mengenaik Geopark Karangsambung-Karangbolong. (ndo/eks)