Aksi Geopark Karangsambung Karangbolong Youth Forum dalam World Clean-up Day 2021

KEBUMEN – (24/9/2021) Puncak peringatan World Clean-up Day 2021 di Kabupaten Kebumen dipusatkan di Pantai Pecaron, Desa Srati, Kecamatan Ayah. Pantai Pecaron merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kebumen dan dihadiri 150 peserta diantaranya OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (BP GNKK), Geopark Karangsambung-Karangbolong Youth Forum (GKKYF), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), TAGANA, PRAMUKA/PMR setempat, Karang Taruna Desa Srati dan berbagai elemen masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

World Clean-up Day (WCD) 2021 mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” dan bertujuan untuk menggerakan hati umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Asisten 2 Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Drs. H. Nugroho Tri Waluyo mewakili Bupati Kebumen turut hadir di tengah acara. Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Asisten 2 Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Bupati berharap kegiatan ini akan menjadi inspirasi serta motivasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjadikan wilayah Kabupaten Kebumen sebagai wilayah bebas sampah.

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit tanaman konservasi sebanyak 500 batang  kepada Kepala Desa Srati, bantuan tempat sampah kepada pengelola obyek wisata Pantai Pecaron, dan trashbag kepada Ketua GKKYF.

Trashbag tersebut digunakan sebagai wadah sampah saat kegiatan bersih-bersih pantai berlangsung. Hasil sampah yang dikumpulkan oleh peserta kemudian ditimbang dan diangkut ke tempat pembuangan sampah di Sempor.

Kegiatan ini bertajuk “Kebumen Pilah Sampah dari Rumah” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan melalui gerakan pungut sampah. Dalam aksi ini, 10 (sepuluh) orang perwakilan dari GKKYF turut berpartisipasi. Sesuai dengan pilar geopark, aksi ini merupakan salah satu bentuk konservasi sebagai wujud implementasi menjaga kelestarian kawasan destinasi geowisata tersebut.

Selain itu, GKKYF juga membagikan brosur yang berisi informasi mengenai GNKK sebagai upaya branding dan kampanye dalam usaha mengedukasi serta mempromosikan potensi Geopark Nasional Karangsambung - Karangbolong (GNKK) kepada masyarakat luas dengan harapan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.