Audiensi Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong dengan Bupati Kebumen

KEBUMEN - Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto, SH berharap agar Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK) harus lebih dikenal masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat menerima audiensi dari Badan Pengelola GNKK pada Selasa (13/4/2021) di Ruang Rapat Gedung F Kompleks Setda Kebumen. Bupati juga berharap agar masyarakat mempunyai rasa memiliki dengan keberadaan GNKK.

Lebih jauh Bupati menyampaikan akan menyambut baik ide-ide dari seluruh komponen masyarakat tak terkecuali Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI Karangsambung untuk pengembangan GNKK. Apalagi GNKK sedang berupaya untuk meningkatkan status menjadi Unesco Global Geoprak. 

Dipaparkan oleh Tenaga Ahli Badan Pengelola GNKK, Ir. Chusni Ansori, MT bahwa pengembangan GNKK selaras dengan misi bupati ke tiga yakni Mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pengembangan potensi sumber daya alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasiskan agrobisnis dan ekonomi kerakyatan.

Dalam tanggapannya, Bupati berencana memaksimalkan keberadaan GNKK, salah satunya melalui sektor pariwisata. Rencanannya, kedepan akan mengkolerasikan event-event pariwisata dengan keberadaan GNKK.

Sementara itu Kepala Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI Karangsambung, Indra Riswadinata, SH.,MH menyampaikan bahwa rencananya LIPI Karangsambung akan dijadikan sebagai Kawasan Geodiversitas Indonesia. Kawasan ini meliputi Gedung Geodiversitas yang dilengkapi laboratorium dan rock physical storage, Gedung Geokonservasi memiliki ruang pamer koleksi dan simulasi, Dormitory memiliki penginapan dan ruang kuliah dan Mini Botanical Garden. Kawasan Geodiversitas Indonesia tersebut dapat dimanfaatkan keberadaanya oleh GNKK, salah satunya sebagai Pusat Informasi Geopark. Lebih lanjut Indra menyampaikan saat ini pihaknya telah ikut serta melakukan pemberdayaan masyarakat melalui homestay.


"Mahasiswa yang melakukan Kuliah Lapangan menginap di homestay milik masyarakat setempat. Hal ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa juga merasa nyaman untuk menginap di homestay tersebut", Ujar Indra.

"Pihak LIPI juga telah memberikan hibah berupa tempat tidur dan perlengkapan homestay lainnya kepada pemilik homestay", imbuhnya.

Terkait perkembangan GNKK, Ketua Harian Badan Pengelola GNKK, Ir. Djoenedi Fatchurrahman, M.Si menyampaikan bahwa dalam pengembangan geopark, strategi selanjutnya yang perlu ditempuh yaitu menjalin networking dengan berbagai pihak sesuai dengan Konsep Penthahelix Pembangunan Kawasan secara berkelanjutan yang meliputi Akademisi, Badan Usaha, Komunitas, Pemerintah, dan Media. Kerja sama tersebut dapat berupa kerja sama dalam hal konservasi, infrastruktur, pembangunan berkelanjutan, regulasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen, Sekda Kabupaten Kebumen, pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Kebumen, serta Tenaga Ahli dari Badan Pengelola GNKK.