Bangun Amphiteater Geopark, Pemkab Siapkan Lahan Seluas 1,4 Hektar

KEBUMEN - Proyeksi pengembangan geopark Kabupaten Kebumen terus diupayakan. Seperti halnya rencana pembangunan amphiteater yang menjadi area display potensi geopark untuk para pengunjung. Lokasinya berada di Desa/Kecamatan Karangsambung yang berdekatan dengan obyek wisata Pentulu Indah. "Rencananya konsepnya area terbuka ada tempat pentas, terdapat tribun untuk penonton, ada menara pandang," kata Kepala Dispora Wisata Kebumen Azam Fatoni didampingi Kabid Pengembangan Pariwisata Teguh Yuliono, Rabu (11/3).

Azam menjelaskan, amphiteater rencananya baru akan dibangun tahun 2021 mendatang. Saat ini Pemkab tengah mengupayakan penyediaan lahan seluas 1,4 hektar yang berstatus milik masyarakat. Dalam rangka pengadaan tanah, dinas mengupayakan sosialisasi sembari melihat harga NJOP tanah setempat. "Ada kendala di NJOP karena cukup tinggi, alternatifnya luas tanah yang dikurangi. Pengadaan tanah tersedia anggaran Rp 810 juta tetapi dengan keperluan lain totalnya Rp 1 miliar," jelasnya.

Harga NJOP tanah, lanjut Azam menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan appraisal oleh pihak berwenang. Sedangkan pembangunan amphiteater, pihaknya sudah mengupayakan adanya bantuan CSR BUMN. Selain itu pemkab meminta dukungan kepada Kementerian Pariwisata dengan mengajukan proposal. "Pembangunan ini sebenarnya utamanya edukasi konservasi alam," imbuh mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu.

Kehadiran amphiteater nantinya, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan sekaligus peningkatan kualitas geopark. Masyarakat dapat membuka home stay dan tempat kuliner di sekitar amphiteater. Pada bagian lain, amphiteater juga menjadi lokasi kunjungan wisatawan yang ingin mengenal geopark Karangsambung-Karangbolong. "Kalau saat ini adanya geopark jumlah kunjungan wisata meningkat. Dalam satu tahun secara keseluruhan sekitar 3 juta pengunjung dan 20 persen diantaranya ke Karangsambung," tandasnya. (sorotkbm)


File Terkait

DOWNLOAD DISINI Peserta yang Diterima