Bappenas Dukung GNKK Menjadi UGGp

KEBUMEN - Kementerian PPN/Bappenas melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong. Kunjungan tersebut diterima oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (12/10/2020). Kedatangan Kementerian PPN/Bappenas beserta rombongan untuk meninjau perkembangan kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong (GNKK) yang telah ditetapkan sebagai geopark nasional pada 29 November 2018. 

Setelah menjadi geopark nasional, selanjutnya diajukan ke taraf internasional menjadi Unesco Global Geopark (UGGp). Untuk itu, perlu persiapan yang lebih matang baik dari segi sarpras dan amenitas pendukung maupun masyarakat di kawasan geopark.

Rombongan dari Bappenas diantaranya, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, M.Sc, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Dr. Ir. Subandi, M.Sc. Sedangkan dari LIPI yaitu Deputi Bidang Ilmu Kebumian LIPI Prof. Ocky Karna Radjasa, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pertama, rombongan menuju ke Museum Melange LIPI Karangsambung dilanjutkan diskusi di Aula LIPI. Dalam acara tersebut, Sekda Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, SH menyampaikan bahwa Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong siap untuk diajukan menjadi Unesco Global Geopark dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendukung rencana tersebut.

Selanjutnya, sambutan Maksud dan Tujuan kunjungan disampaikan oleh Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas RI. Dalam hal ini, Bapak Dr. Ir. Arifin Rudiyanto menyampaikan,

“Geopark Karangsambung Karangbolong berbeda dengan geopark lain. Jika geopark lain mempunyai keunggulan pada aspek pariwisata, Geopark Karangsambung Karangbolong mempunyai keunggulan pada aspek pusat studi lapangan (research). Untuk itu, Bappenas sepakat untuk membangun Pusat Geodiversitas Indonesia meliputi Gedung Geodiversitas yang akan digunakan sebagai laboratorium bidang Kebumian serta Colaborative Work Space dan Active Learning Space sebanyak tiga lantai, gedung Geo-Conservation yang akan digunakan sebagai sarana virtual  learning dan audio visual simulation serta display rock speciment especially dan display The Diversity of Indonesian Geodiversity, dan gedung dormitory di LIPI Karangsambung dengan luas area 9500m2. Rencana tersebut meliputi pembangunan fisik dan pemanfaatannya bagi aktivis LIPI serta pengembangan ekonomi lokal. Harapannya, Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong menjadi geopark terkemuka dengan keunggulan laboratorium dan geodiveritas”.

Rencana Kementerian PPN/Bappenas tersebut tentunya disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan misi Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong yang ketiga yaitu Menjadikan warisan bumi sebagai pusat studi lapangan tingkat internasional.

Selanjutnya, rombongan menuju ke destinasi wisata Pentulu Indah Karangsambung, ramah tamah di Pendopo Bupati Kebumen, dan kunjungan ke Pemandian Air Panas Krakal.