Geo Adventure Promosikan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Gelaran trabas berskala nasional bertajuk Kebumen One Day Enduro (KODE) #4 tinggal menghitung hari. Lebih dari 1.000 offroader dari berbagai kota di Indonesia sudah mendaftar pada Geo Advendture yang bakal dihelat pada 30 Nopember hingga 1 Desember 2019 mendatang.

Diprediksikan, pendaftar bakal membeludak mendekati acara. Bahkan tidak sedikit peserta  yang mendaftar di lokasi acara. Pihak panitia menargetkan kegiatan itu diikuti sekitar 2.500 offroader dari berbagai kota di Indonesia.

Pada ajang trabras yang digelar oleh Trail Adventure Community Kebumen (Track) bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen itu tidak menargetkan banyaknya  peserta. Gelaran dengan tagline Ride for Fun ini lebih untuk mempromosikan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK) dan potensi wisata alam yang ada di kawasan tersebut.

“Juga untuk menambah rasio tim jalur dan evakuasi peserta. Jadi pelayanan bisa lebih maksimal,” ujar Santoso Budiawan, salah satu panitia Kode #4.

Sementara  itu, wisata minat khusus utamanya jelajah alam menggunakan trail semakin digemari di Indonesia. Kebumen yang memiliki alam perbukitan dan pesisir pantai yang indah sangat bisa menangkap peluang itu.

Selain sebagai kawasan konservasi Kawasan Geopark  Nasional Karangsambung Karangbolong bisa menjadi andalan wisata ini. Jalur yang cukup bervariasi, Kebumen menjadi salah satu daerah favorit bagi penggemar offroad.

Pic marketing motor Kebumen Sugiarto menyampaikan bahwa dengan bertumbuhnya potensi wisata minat khusus ini juga memicu pertumbuhan demand untuk segmen sepeda motor tipe offroad dan ATV. Baik digunakan oleh para penghobi offroad, atau untuk bisnis rental motor.

“Misalnya di Pantai Bocor, Menganti, Ayah sudah mulai banyak berkembang penggiat pariwisata yang menggunakan ATV dan minitrail merk Viar untuk disewakan,”  ujar Sugiarto.

“Sedangkan untuk para para penghobi lebih cenderung memilih Kawasaki KLX,” ujar Restu Yuliasih, PIC Marketing Kawasaki Sentral Kebumen (Muncul Group).  (ndo)