Webinar Geopark Goes to School dengan para dosen, mahasiswa, dan guru SMA/SMK se-Kabupaten Kebumen

GNKK Gelar "Geopark Goes to School" secara Daring

KEBUMEN - Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong kembali mengadakan webinar. Tema webinar kali ini yaitu "Geopark Goes to School". Geopark Goes to School memperkenalkan secara umum fenomena dan keunikan geologi yang ada di Kawasan Karangsambung Karangbolong termasuk kaitannya dengan keanekaragaman hayati dan budaya  kepada para akademisi (guru, pelajar, dosen, mahasiswa),  komunitas dan masyarakat umum.

Geopark Goes to School Part I diselenggarakan pada hari Selasa (3/11/2020) dengan sasaran guru SMA/SMK sederajat, dosen dan mahasiswa. Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen, dilanjutkan pemaparan tiga narasumber yaitu Ir. Budi Martono, M.Si. (Presiden Jaringan Geopark Indonesia), Ir. Chusni Ansori, M.T (Peneliti Utama LIPI), dan H. Agus Sunaryo, S.Pd., M.Pd (Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen). Selanjutnya, diskusi dan Tanya jawab dipandu langsung oleh Ir. Djoenedi Fatchurahman, M.Si (Ketua Harian Badan Pengelola GNKK).

Dalam paparannya, Ir. Budi Martono, M.Si selaku Presiden Jaringan Geopark menyampaikan bahwa Edukasi sangat ditekankan dalam rangka pelestarian dan promosi geopark. Ketika mengajak anak didik ke geosite ada pendidikan karakter  untuk mencintai, melindungi alam, budaya dan binantang.

Selain itu, "Dengan adanya GNKK, proses pembelajaran tidak hanya terpaku di dalam kelas, namun dikolaborasikan dengan potensi alam yang ada", imbuh H. Agus Sunaryo, S.Pd., M.Pd.

Dilanjutkan hari kedua, Rabu (4/11/2020), Geopark Goes to School dengan sasaran guru SD dan SMP sederajat dipandu oleh moderator handal yaitu Cokro Aminoto S.IP, M.Kes (Kepala Diskominfo Kabupaten Kebumen).

Acara dibuka oleh Ketua Harian BP GNKK sekaligus narasumber pertama. Beliau menyampaikan,
"Unsur geologi, biologi, dan budaya perlu  dipelihara sebaik-baiknya untuk keperluan edukasi (pendidikan) agar pemberdayaan ekonomi meningkat. Tujuan akhir geopark yaitu bumi lestari dan rakyat sejahtera".

Dengan adanya Geopark Goes to School, harapannya ada peran serta dari satuan pendidikan dalam upaya memperkenalkan warisan bumi kepada generasi penerus bangsa. Ada 3 poin penting yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen yaitu:
1. Peran satuan pendidikan sangat strategis untuk mentransfer knowledge kepada peserta didik tentang warisan bumi yang kita miliki.
2. Perlunya diskusi lanjut tentang geopark memungkinkan masuk dalam kurikulum lokal di setiap jenjang pendidikan SD, SMP, SMA sederajat.
3. Selanjutnya, akan ada  koordinasi antara Dinas Pendidikan dengan Disporawisata untuk siswa-siswi yang akan melakukan tindak lanjut dari kegiatan ini, yaitu "School Goes to Geopark".

BP GNKK sangat berharap masyarakat Kebumen khususnya, dapat mengenal dan mencintai warisan geologi, biologi, dan budaya sendiri yang terangkum dalam Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong.


Materi Geopark Goes to School dapat diunduh di sini
Geopark Goes to School Part I dapat dilihat di sini
Geopark Goes to School Part II dapat dilihat di sini