Lomba Karya Tulis Ilmiah Tema Geopark Karangsambung Karangbolong

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Pelajar MAN 2 Kebumen meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dengan tema Geopark Karangsambung Karangbolong dan Lingkungan Hidup yang digelar oleh Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kebumen.

Tim MAN 2 yang terdiri atas Fajar Wahyushi F, Rendi Saputra, dan Wahidatusholihah membuat karya tulis berjudul "Persepsi Pelajar Tentang Esensialitas Konservasi Geopark ". Karya tulis berdasarkan penelitian kuantitatif  di 10 sekolah itu  berhasil dipresentasikan secara baik di depan dewan juri pada final lomba di Aula Dinas Perkim LH Kebumen, Senin (12/8).

Sedangkan juara II diraih tim SMK Negeri 1 Kebumen atas nama Anggi Sahita dan Ika Aurelia yang menulis tentang "Pemanfaatan Aplikasi Cinta Geokarbung Sebagai Media Informatif dan Alternatif Pengenalan Lingkungan Geopark Karangsambung-Karangbolong Pada Pemuda Milenial".   

Juara III disabet pelajar SMA Negeri 1 Farah Huwaida dengan karya berjudul "Pendidikan Kesenian Budaya Khas Kebumen Dalam Komunitas Berbasis Teater/Sanggar sebagai Wisata Budaya untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di wilayah CAGK".

Nonik Rohyani dan Novivah Isnaini dari SMK Negeri 1 meraih Juara Harapan I dengan karya "Mengangkat Potensi Alam Geopark Karangsambung, Kawasan Desa Pujotirto Sebagai Geowisata untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat." Hadiah bagi para juara akan diserahkan pada malam peringatan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen pada 21 Agustus 2019.

Sebanyak 10 karya berhasil lolos seleksi dan masuk babak final. Para peserta mempresentasikan karya tulis di depan dewan juri yang berasal dari dinas terkait, guru, dosen,  jurnalis dan peneliti yang diketuai Ketua Badan Pengelola Geopark Karangsambung Karangbolong Ir H Djoenedi Faturohman MSi.

Masukan Pelajar

Suasana presentasi sangat semarak lantaran masing-masing tim membawa suporter 10 orang dan meneriakkan yel-yel penyemangat tim yang mewakili sekolahnya. Setiap tim memaparkan hasil karyanya selama lima menit dilanjutkan tanya jawab selama 20 menit.

"Karya-karya tulis yang dipaparkan oleh para peserta sangat luar biasa. Saya sangat mengapresiasi dan suprise atas paparan yang disampaikan di luar dugaan saya," ujar Ketua Badan Pengelola Geopark Karangsambung Karangbolong Ir H Djoenedi Faturohman MSi usai lomba.

Kepala Dinas Perkim LH Kebumen Edi Rianto ST MT lomba karya tulis ilmiah dengan peserta pelajar untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan pelajar terhadap Geopark Karangsambung Karangbolong. Lomba ini sekaligus untuk menghimpun masukan dari para pelajar yang notabene generasi millenial untuk pengembangan Kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong.

"Ternyata banyak ide dan gagasan yang dituangkan oleh para pelajar dalam karya ilmiah dengan berbagai pendekatan. Jelas ini sangat berharga bagi kami," ujar Edi Rianto menyebutkan karya terpilih akan dibukukan.

Edi Rianto berharap dengan lomba LKTI ini dapat merangsang para penulis muda untuk lebih banyak membuat karya tulisan. Dia merencanakan event tersebut  akan dijadikan event tahunan Disperkim LH sebagai wadah pelajar mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah.

(Supriyanto/CN39/SM Network)