NU Dukung Penuh GNKK Menuju GGU

KEBUMEN - Ormas Islam terbesar di Kebumen mendukung penuh upaya Pemerintah Daerah dalam usahanya menjadikan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK) menuju Geopark Global UNESCO (GGU). Dimana untuk mewujudkan GGU diperlukan kekuatan pentahelix.

Pentahelix sendiri melibatkan lima unsur yakni pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha dan media. Terkait dengan GNKK menuju GGU Pemkab Kebumen sendiri telah melakukan study Banding ke Geopark Kaldera Toba Sumatera Utara yang telah ditetapkan sebagai GGU.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar MPdI menyampaikan pada prinsipnya PCNU Kebumen mendukung upaya Geopark Kebumen untuk bisa go Internasional. “Geopark mempunyai dampak positif terhadap masyarakat. PCNU mendukung upaya pemerintah agar GNKK bisa go Internasional,” tuturnya, Rabu (6/11).

KH Dawamudin juga menyampaikan upaya pengembangan Geopark Kebumen harus berpijak pada tiga prinsip. Ini meliputi konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal. “Dengan demikian manfaatnya akan sangat banyak. Baik itu manfaat kepada alam mapun manusia,” ungkapnya. (eks)