Pelatihan

Pelatihan Daring Karsa Wisata Geopark oleh Kelompok PKM-M UNY

KEBUMEN - Salah satu kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan program pelatihan daring bertajuk “Karsa Wisata Geopark” untuk anggota Karang Taruna Desa Karangsambung, Kebumen. Program ini meliputi lima kali pelatihan daring yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom. Acara tersebut berlangsung Senin (13/9/2020) sampai dengan Selasa (21/9/2020).

Pelatihan daring ini bertujuan untuk menyiapkan pengembangan wisata “Karsa Wisata Geopark” di Desa Karangsambung, Kebumen. “Karsa Wisata Geopark” adalah pengembangan desa wisata yang memanfaatkan situs-situs geopark yang ada di Desa Karangsambung. Dalam hal ini, geopark sebagai sumber belajar yang dikemas dalam wisata alam dan edukasi sebagai komponen utama. Selain itu, ada juga wisata air dan budaya sebagai komponen pendukung.

Rangkaian acara tersebut meliputi sosialisasi Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong dan situs-situs geologi yang berada di Desa Karangsambung, pelatihan tour guiding, promosi wisata, manajemen pariwisata, dan pelatihan pembuatan kerajinan (lampion dan kesenian Ebeg).

Kelompok PKM-M Universitas Negeri Yogyakarta terdiri dari 5 (lima) orang. Indah Mutiara Sari sebagai ketua tim, Lutfiana Hikmawati, Wahyu Nur Afrita, Mirda Nor Endah Sari, dan Anjas Pramesti sebagai anggota. Mereka sekaligus sebagai pemateri dalam pelatihan daring “Karsa Wisata Geopark” ini. Sebanyak 7 (tujuh) anggota Karang Taruna Gatra Karsa Desa Karangsambung mengikuti pelatihan ini.
“Pelatihan ini sangat berguna bagi anggota karang taruna yang siap untuk mengembangkan pariwisata. Hal ini sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam menyiapkan desa wisata yang memanfaatkan situs geopark,” tutur Aji, salah satu peserta pelatihan.

Selain mampu memberdayakan masyarakat Desa Karangsambung, program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian. Hal ini tentunya sejalan dengan konsep geopark yaitu konsevasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata.