Sensasi Tubing Kawasan Geopark Jadi Wisata Air Alternatif Bagi Keluarga

KEBUMEN - Bagi masyarakat Kebumen yang ingin menikmati wahana tubing kini tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah seperti Magelang. Salah satu objek wisata di Kebumen yang memiliki wahan tubing yakni Sungai Loning di kawasan Geopark, Kecamatan Sadang. Geo tubing ini menjadi alternatif wisata seru dan memacu adrenalin. Tubing yang dikembangkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Dasar Samudera Kecamatan Sadang inipun cocok untuk mengisi momen liburan. Terlebih, rute tubing cukup aman dilalui anak-anak sehingga bisa menjadi wisata keluarga.

Sepanjang sungai, wisatawan disuguhi pemandangan persawahan dan perekebunan sekaligus menambah pengetahuan tentang geopark. Wisata yang berada 40 menit dari Kota Kebumen inipun dijamin aman lantaran wisatawan dibekali alat pelindung diri dan didampingi river guide yang telah bersertifikat dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Akses menuju lokasi wisata di Desa Kedunggong inipun sudah dimanjakan dengan mulusnya jalan. Wisata yang dikembangkan sejak 2019 awal ini menawarkan sensasi tubing sekitar 5 kilometer.

Setiap pengunjung yang ingin menikmati sensasi tubing dibebankan Rp 75 ribu. Direktur Pesona Dasar Samudera Aksin mengatakan pengembangan geo tubing ini merupakan upaya dukungan bagi Kebumen yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Dengan hadirnya wisata ramah lingkungan semacam ini, tentu dapat menjaga kelestarian alam namun mampu memberikan dampak ekonomi masyarakat. "Para pelaku wisata di sini berasal dari warga lokal," katanya, Minggu (16/3).

Sementara itu, salah satu pengunjung Suprijanto mengaku cukup puas dengan sensasi yang ditawarkan tubing. Meskipun memacu adrenalin, namun ia mengakui rute tubing cukup aman untuk anak-anak sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga. Dirinya juga menilai ketersediaan fasilitas umum termasuk kuliner cukup banyak alternatif. "Enak sekali dan cukup menantang. Kebetulan datang bareng keluarga dan bisa makan bersama di sini," ucapnya. (sorotkbm)