Tebing Kandangan, Desa Candirenggo, Ayah, Kebumen

KEBUMEN - Desa Candirenggo adalah merupakan sebuah desa di kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Candiranggo berjarak 3 KM berkendara dari pusat pemerintahan kecamatan Ayah dan 35 Km dari pusat Kabupaten Kebumen melalui Gombong. Desa Candirenggo terkenal dengan beberapa tebing, curug dan gua. Salah satu yang menjadi objek wisata adalah Gua Petruk. Selain itu terdapat air terjun Air Terjun Gemawang dan Air Terjun Leses dan beberapa bukit.

Dukuh Karanggondang, Desa Candirenggo, Ayah terdapat Mangkuk raksasa, seluas sekitar 4 hektar. Kemungkinan bekas dome/kubah gua yang runtuh. Pinggir mangkuk berupa tebing overhang dengan tinggi lebih dari 100m, penuh ornamen stalaktit. Dinding tebing juga sekaligus jadi sarang puluhan burung hantu, elang dan burung lain. Kemungkinan sudah jadi shelter berlindung satwa. Perlu eksplorasi lanjutan sebagai calon bio site, perlindungan flora dan fauna. Lokasi grade agak berat.

Desa Candirenggo berada di paling barat Kabupaten kebumen berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap. Desa Candirenggo memiliki topgarfi dataran rendah disebelah barat yang merupakan datran aluvial Sungai Ijo atau Sungai Bodo. Serta dataran tinggi perbukitan karst Kawasan Karst Gombong Selatan dengan beberapa puncaknya seperti Bukit Peok, Bukit Durenrenteng dan Bukit Endrakila. Di perbukitan ini banyak ditemukan gua dan sungai bawah tanah. Selain Sungai Ijo, terdapat Sungai Teba yang melintasi Desa Candirenggo. Ketinggian wilayah Desa Candirenggo mulai 5-200 meter diatas permukaan air laut Mdpl.