Bupati KH.Yazid Mahfudz Kuker ke Geopark Kebumen

Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz didampingi Sekda H. Ahmad Ujang Sugiono SH,  Asisten 2, Kadisporawisata, Bap3da, Kadispermades P3A, Plt. DPU PR melakukan kunjungan kerja (kuker) ke Curug Kedondong, Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam yang merupakan bagian dari bentangan Geopark Kebumen, Senin (15/4). Kuker dalam rangka membedah segala potensi yang ada diwilayah tersebut agar bisa dikembangkan menjadi kawasan yang memberi kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati dalam sambutan mengatakan Curug Kedondong bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat.  Tinggal nanti disiapkan sarana prasarana utamanya akses jalan yang memadai untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi ini. "Namun saya juga minta kepada pemerintah desa untuk membentuk  badan pengelolanya dari kelompok  masyarakat/ karang taruna atau dikelola oleh BUMDes. Mereka harus dipersiapkan dan diberdayakan untuk mengelola kawasan ini jika ingin menjadi obyek wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Dengan demikian angka kemiskinan di wilayah ini secara bertahap dapat turun menuju kesejahteraan," ujar Bupati.

Bupati juga berpesan, kepada Pemerintahan desa agar selalu bersinergi dengan dinas-dinas terkait seperti  Disporawisata maupun Dispermades P3A untuk pengembangan kawasan Curug Kedondong ini. "Jangan sampai nanti sarana prasarana yang telah dibangun Pemkab terutama jalan namun tidak dimanfaatkan secara optimal. Adanya pembangunan di wilayah ini tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Bupati.

Sementara itu Camat Karanggayam, Wikan Tris Junanto disela kegiatan mengaku kalau pihaknya sudah membuat konsep pengembangan wisata ini sebagai area eduwisata dan olahraga. Area ini akan dibangun kolam renang anak juga dibuat jalur track untuk motor trail.(mn)